Salah satu bentuk upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin dalam rangka menyelenggarakan pelayanan pengurusan Dokumen Kependudukan yang mudah dan cepat bagi setiap masyarakat salah satunya adalah dengan melaksanakan inovasi PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi). Inovasi ini pada awalnya dibuat untuk menjawab tantangan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat yang bermukim di lokasi dengan kondisi geografis yang sulit, sehingga membuat masyarakat daerah pelosok mendapatkan pelayanan kependudukan yang tidak optimal. Selain jarak yang relatif jauh, medan berat dan fasilitas akses jalan yang minim turut menjadi faktor penghambat dalam upaya pelayanan dokumen kependudukan. Program inovasi PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi) merupakan program pelayanan keliling ke berbagai pelosok wilayah Kabupaten Tapin dalam rangka melayani pemenuhan hak warga dalam kepemilikan dokumen kependudukan dan perekaman data KTP Elektronik. Adapun tujuan dibentuknya program ini antara lain : 1. Memudahkan masyarakat yang lokasinya berada di pelosok wilayah kabupaten untuk mendapatkan haknya dalam kepemilikan dokumen kependudukan. 2. Mempermudah bagi para pelajar yang sudah cukup usia dalam memiliki KTP elektronik. 3. Membantu mempercepat pencapaian target nasional. Program inovasi PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi) melayani berbagai dokumen kependudukan seperti perekaman dan pencetakan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak), pembuatan Akta Kelahiran, pembuatan Akta Kematian, serta pembuatan KK (Kartu Keluarga). Seiring dengan waktu inovasi ini terus berkembang dan meluas cakup pelayanannya tidak hanya di desa- desa namun juga dilaksanakan di sekolah - sekolah menengah atas dalam upaya mempermudah dan mempercepat perekaman KTP bagi para pelajar - pelajar di Kabupaten Tapin. Program inovasi ini banyak mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan baik dari desa - desa maupun sekolah - sekolah yang telah didatangi. Permintaan kunjungan ke desa - desa yang lokasinya relatif jauh dari tempat pelayanan terus meningkat. Begitu juga dengan pihak sekolah sangat mengapresiasi program inovasi PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi) ini dan meminta untuk dilakukan secara teratur setiap tahunnya. Berdasarkan hal tersebut diatas maka dengan adanya program inovasi PELANGI (Pelayanan Langsung Didatangi) ini terbukti dapat meningkatkan kualitas dan kemudahan dalam pelayanan dokumen kependudukan terhadap masyarakat terutama bagi mereka yang timggal di daerah pelosok sekaligus juga merupakan menjadi langkah nyata Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin dalam memenuhi target nasional pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan setiap tahunnya .