Tujuan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapin merupakan target dan cita-cita yang harus dicapai pada akhir masa perencanaan 2029. Tujuan pembangunan kepariwisataan harus mengintegrasikan aspek destinasi pariwisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan. Fungsi dari tujuan pembangunan kepariwisataan adalah sebagai berikut. a. Menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapin. b. Memberikan arah dalam perumusan rencana pengembangan perwilayahan pariwisata, seperti rencana struktur perwilayahan pariwisata, rencana kawasan pengembangan kepariwisataan kabupaten, dan rencana kawasan strategis pariwisata Kabupaten Tapin. c. Memberikan arah dalam perumusan indikasi program pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapin. d. Sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapin.
Pembangunan kepariwisataan bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Rumusan tujuan pembangunan kepariwisataan dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal seperti visi pembangunan kepariwisataan, misi pembangunan kepariwisataan, prinsip-prinsip pembangunan kepariwisataan, isu-isu strategis pembangunan kepariwisataan, dan isu pembangunan wilayah Kabupaten Tapin. Adapun rumusan tujuan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tapin adalah sebagai berikut. 1). Mengembangkan pariwisata Wonderful Meratus (alam geopark dan geosite) sebagai unggulan yang didukung dengan budaya Banjar dan Dayak Meratus berbasis masyarakat dan pendorong perkembangan daya tarik wisata lain. 2). Meningkatkan keterpaduan pembangunan lintas sektor, mulai dari atraksi, amenitas, aksesibilitas dan moda transportasi, prasarana umum, hingga fasilitas umum untuk meningkatkan konektivitas dan kualitas pelayanan berstandar internasional dalam mendorong investasi kepariwisataan. 3). Mengembangkan industri pariwisata berdaya saing internasional yang bertanggung jawab terhadap lingkungan alam, sosial, dan budaya Banjar dan Dayak Meratus. 4). Membangun struktur industri pariwisata yang kuat dan beridentitas lokal melalui pembangunan kemitraan di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional, serta menghargai dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal.5).Meningkatkan keterpaduan pemasaran berbasis pariwisata digital (e-tourism) bersama pemerintah, provinsi, maupun lintas pelaku dengan target membangun citra sebagai destinasi geopark Meratus serta budaya Banjar dan Dayak Meratus berdaya saing internasional.6). Mewujudkan sistem pemasaran yang efektif dan bertanggung jawab untuk mendorong kunjungan wisatawan yang berulang dan berkualitas. 7).Mewujudkan organisasi kelembagaan dan SDM yang andal dan berkompetensi internasional untuk mendorong percepatan perwujudan sebagai destinasi Wonderfull Meratus berdaya saing internasional. 8).Memanfaatkan kawasan-kawasan yang terbengkalai dan tidak produktif, seperti bekas hutan dan tambang.